SISTEM PEMASARAN JAGUNG
MANIS
MATA KULIAH TATANIAGA PERTANIAN
DOSEN PENGAMPU
Yayat Rahmat Hidayat
SP.,M.AGr
Oleh:
Maslikha
112120041
FAKULTAS PERTANIAN
PROGRAM STUDI
AGRIBISNIS
UNIVERSITAS SWADAYA
GUNUNG JATI
CIREBON
2 0
1 4
SISTEM PEMASARAN JAGUNG
MANIS
MAKALAH
TUGAS
MATA
KULIAH TATANIAGA PERTANIAN
Disusun Untuk Memenuhi
Sebagian Tugas Mata Kuliah
Tataniaga Pertanian
Oleh:
Maslikha
112120041
FAKULTAS PERTANIAN
PROGRAM STUDI
AGRIBISNIS
UNIVERSITAS SWADAYA
GUNUNG JATI
CIREBON
2 0
1 4
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah
ini
“Tak ada gading yang tak retak”. sesuai
dengan peribahasa tersebut, penulis menyadari bahwa tugas makalah ini jauh dari
kata “sempurna” karena keterbatasan pengetahuan
yang penulis miliki. Untuk itu penulis mengharapkan segala kritik dan
saran-saran yang sifatnya membangun dari pihak manapun Dalam penulisan tugas
laporan praktikum ini. penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada Allah SWT, yang telah mempermudahkan saya dalam menyelesaikan Tugas
Makalah ini, dan saya juga berterima kasih kepada bapak Yayat Rahmat Hidayat SP.,M.AGr selaku
dosen pengampu mata kuliah Tata Niaga pertanian
Atas bimbingannya dan kepada semua pihak yang
terlibat sehingga tugas makalah ini dapat di selesaikan. Semoga tugas makalah ini
dapat bermanfaat bagi semua kalangan terutama kepada para mahasiswa di fakultas
pertanian.
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................... ii
I.
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang ....................................................................................... 1
1.2. Tujuan
.................................................................................................... 1
II. pembahasan
2.2. Strategi
Pemasaran ( secara umum )....................................................... 2
2.3. Strategi
Pemasaran Jagung Manis .......................................................... 3
2.4. Strategi
Harga Jagung Manis ................................................................. 4
2.5. Perencanaan
Strategi Jagung Manis........................................................ 5
2.6. Strategi
Distribusi Jagung Manis............................................................ 5
2.7. Strategi
Promosi Jagung Manis............................................................... 5
2.8. Rantai
tataniaga ..................................................................................... 6
III.
PENUTUP
3.1.
Kesimpulan ............................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Jagung merupakan jenis
tanaman pangan yang
digunakan untuk menggantikan beras karena jagung memiliki kalori yang hampir
setara dengan kalori yang dikandung padi. Perhatian masyarakat terhadap tanaman
pangan ini semakin meningkat karena nilai komersilnya yang tinggi. Dengan
adanya pengusahaan tanaman ini dapat membantu perekonomian atau memberikan
pendapatan yang tinggi bagi petani. Dalam rangkaian proses pertanian salah satu
hambatan yang saat ini masih sering dihadapi petani adalah pemasaran jagung
yang terhalang tinggi rendahnya harga, panjangnya saluran pemasaran dan
dikuasainya pasar oleh pedagang perantara.
1.2 Tujuan
Makalah ini dibuat
untuk mengetahui strategi pemasaran jagung
manis dan target pasar pada pemasaran jagung manis.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Strategi Pemasaran ( secara umum)
Hal yang terpenting dalam usaha adalah barang yang di perdagangkan terjual
ke konsumen. Namun tentu saja untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah dan
diperlukan pengetahuan serta pengalaman yang cukup agar bisnis yang ditekuni
sukses. Berikut ini merupakan tiga strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha
sukses.
1.
Lokasi, lokasi, lokasi dan
lokasi
Dalam bisnis hal yang terpenting merupakan lokasi dimana pemasaran
dari produk dilakukan. Poin ini bukan berarti harus mempunyai poperti pada
tempat yang strategis, namun lebih ditekankan pada pelayanan dengan pendekatan
ke konsumen. Mengapa faktor ini menjadi terpenting yaitu karena konsumen saat
ini lebih pintar dalam melakukan transaksi dan tidak berpatokan mutlak pada
harga yang murah, namun faktor waktu, kenyamanan serta gengsi telah menjadi
fenomena baru. Namun memang, faktor harga yang murah masih sebagai penentu
pasar yang mayoritas.
2. Harga terjangkau
Saya gunakan kata-kata "terjangkau" bukan
"murah" karena setiap pemasaran yang dilakukan sebaiknya disesuaikan
dengan kelas ekonomi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat mayoritasnya adalah
kelas bawah maka produk yang ditawarkan tentu saja dengan harga rendah, walaupun
margin keuntungan sangat kecil namun faktor pengalinya paling besar sebab
masyarakat dimanapun yang terbanyak adalah kalangan ekonomi rendah. Begitu pula
sebaliknya, jika lingkungannya merupakan masyarakat ekonomi menengah ke atas,
faktor kualitas lebih di utamakan di bandingkan harga produk.
3. Mampu menjaga kualitas
Faktor ini diperlukan pengalaman bisnis yang matang, karena banyak
faktor yang mempengaruhi kualitas produk yang dijual. Mulai dari bahan baku
hingga faktor efisiensi menentukan kualitas barang yang ditawarkan. Maka
terkadang untuk menjaga kualitas, pengusaha harus mengorbankan keuntungannya
untuk menutupi penambahan biaya yang terjadi dalam jangka waktu tertentu, namun
secara pendapatan pertahun harus tetap menguntungan, jika diperkirakan merugi,
sebaiknya naikan harga produk dengan bijak agar konsumen tidak lari
4. Mengutamakan kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan sangat menentukan kelangsungan usaha yang
dijalani. Terutama bisnis dalam bidang jasa, faktor ini merupakan hal utama
yang dilakukan. Yang terkadang tidak belum di mengerti oleh pelaku usaha yaitu
"pelanggan merupakan media iklan yang sangat efektif". Tidak sedikit
kesuksesan diraih karena jasa dari pelanggan yang menginformasikan secara
sukarela ke orang lain, misalnya Google yang merajai di dunia maya tanpa
melakukan iklan secara besar-besaran namun cukup memberikan kepuasan ke
pelanggan yang memakai fasilitas pada produk google
.
5. Inovatif.
5. Inovatif.
Agar barang yang ditawarkan laku, saat ini inovasi penyajian produk sudah menjadi hal wajib. Dengan
dinamisnya cara penyajian produk maka konsumen seolah-olah ditawarkan hal yang
baru walaupun sebenarnya produknya sama,
Memang untuk menjalankan lima hal tersebut, faktor finansial tetap
diperlukan. Namun tidak mutlak! karena strategi pemasaran dengan modal
dengkulpun tetap bisa menjual produk
2.2 Strategi Pemasaran Jagung Manis
Produk jagung manis merupakan kuliner sehat yang bisa
ditawarkan kepada konsumen. agar dapat diperhatikan, diminta, dipakai, atau
dikonsumsi sehingga mungkin memuaskan keinginan atau kebutuhan. Jagung manis
adalah makanan yang tren, tapi memiliki ketahanan pangan yang tinggi, fluktuasi
harganya lebih stabil dibanding makanan pokok pengganti nasi lainnya
Strategi pemasaran jagung manis :
1. Inovasi
2. Menciptakan merk dagang
3. Keberadaan (strategi positioning)
Inovasi
Strategi yang diterapkan pada produk Jagung manis yaitu inovasi yang
sesuai dengan keinginan konsumen, sehingga jagung
manis dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan pendukung dan
rasa varian lainnya. Bahkan proses pengolahannya dapat dikukus atau dibakar
sesuai dengan kreasi dan permintaan dari pasar. Para Mitra disarankan untuk
kreatif dalam pengolahan jagung manis agar terlihat menarik dan tidak
membosankan.
Menciptakan merk dagang
Dalam pengembangan wilayah yang terpenting dari manajemen produk
melibatkan branding . menciptakan merk dagang yang mudah dicerna oleh segala kalangan
usia. karena penggermar jagung manis datang dari berbagai kalangan usia. Pemakaian nama
merk adalah identitas mitra usaha untuk mendapatkan simpati pasar atau
konsumen. Ada kemungkinan nama merk dagang yang anda pilih memliki prospek
cerah dimasa depan, dan ini menjadi aset anda dalam mengembangkan potensi usaha
dikemudian hari.Sedangkan untuk peningkatan nilai jual atau nilai tambah dari produk
jagung manis tersebut yaitu dengan penampilan yang dikemas semenarik mungkin.
Keberadaan (strategi positioning)
Menggunakan strategi positioning dengan
menyesuaikan keperluan target pelanggan. Sedangkan harga jagung manis untuk
mengembangkan posisi berdasarkan target pelanggan. Daya beli pasar sangat berperan dalam menentukan harga. Semakin
tinggi tingkat kualitas hidup daerah outlet kita berjualan, semakin tinggi kita
menentukan harga. Ini berguna untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
2.3 Strategi Harga Jagung Manis
Ø Penetapan harga berdasarkan biaya :
1. Penetapan harga biaya plus
metode ini merupakan
penelitian harga yang paling sederhana, dimana metode ini menambah standar
mark-upterhadap biaya produk. Usaha untuk menetapkan harga modal tertinggi,
untuk menjaga fluktuatif harga bahan baku dan pendukungnya. Jadi dari harga
modal tertinggi kita masih mendapat keuntungan.
2.
Analisis peluang
pokok dan penetapan harga laba sasaran.
Suatu metode
yang digunakan Para Mitra Usaha untuk menetapkan
harga, apakah akan break even atau
membuat target laba yang akan dicari.
Ø Penetapan harga berdasarkan persaingan :
1.
Penetapan
harga berdasarkan harga yang berlaku
perusahaan berdasarkan
harga pada pesaing, serta kurang memperhatikan biaya dan permintaan. Perusahaan
dapat mengenakan harga yang sama, lebih tinggi atau lebih rendah dan pesaing
utamanya.
2. Penetapan harga penawaran tertutup
Dalam menetapkan pesaing dan bukan berdasarkan
hubungan yang keras atas biaya
Ø Penetapan harga berdasarkan nilai
metode ini menggunakan satu persepsi nilai dari pembeli (bukan dari biaya penjualan) untuk menetapkan suatu harga. Apabila produk kuliner kita layak mendapat predikat tinggi atau elit. Kita dapat menentukan harga ekslusif. Bukan berarti barang murah tidak bisa dijual mahal apabila telah terjadi penambahan predikat. Hal ini sangat efektif sekali dalam meraih keuntungan dan pengembangan usaha para mitra Jagung Kocok.
metode ini menggunakan satu persepsi nilai dari pembeli (bukan dari biaya penjualan) untuk menetapkan suatu harga. Apabila produk kuliner kita layak mendapat predikat tinggi atau elit. Kita dapat menentukan harga ekslusif. Bukan berarti barang murah tidak bisa dijual mahal apabila telah terjadi penambahan predikat. Hal ini sangat efektif sekali dalam meraih keuntungan dan pengembangan usaha para mitra Jagung Kocok.
2.4 Perencanaan strategis jagung manis
Perencanaan strategis jagung manis dibutuhkan untuk mengembangkan usaha yang akan datang mencakup pertumbuhan penjualan dan keuntungan. Perencanaan strategi jangka panjang meliputi investasi untuk tumbuh, investasi yang selektif, market entry dan pengembangan pemasaran produk. Rencana strategi pemasaran diharapkan akan berkembang dengan mengharapkan penjualan dan keutungan yang dihasilkan dari penjualan.
2.5 Strategi distribusi jagung manis
Distribusi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan outlet atau mitra usaha
untuk
membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk
konsumen.Keputusan
penentuan lokasi dan saluran yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada
pelanggan melibatkan
pemikiran tentang bagaimana
cara
menghidangkan kepada pelanggan dan dimana hal tersebut akan dilakukan. Ini
harus dipertimbangkan,karena dalam bidang kuliner sering kali
tidak dapat
ditentukan tempat dimana akan diproduksi dan dikonsumsi pada saat bersamaan, Adapun alat ditribusi produk jagung manis yaitu fokus teknologi
contoh menggunakan Situs Web, facebook atau twitter
2.6 Strategi promosi jagung manis
Promosi berkaitan
dengan bagaimana cara mengkomunikasikan outlet jagung manis
kepada masyarakat, agar outlet jagung manis
tersebut dapat dikenal dan akhirnya produk kita dibeli oleh
masyarakat. Selain itu juga promosi bertujuan untuk mempengaruhi prilaku
konsumen untuk mendapatkan pelanggan baru, atau membuka segmen pasar baru.
Strategi promosi memainkan
peranan penting dalam pemasaran sebagai kegiatan pertukaran manfaat yang saling
menguntungkan antara produsen dan konsumen. Promosi berkaitan dengan kegiatan
komunikasi untuk mempengaruhi orang lain agar menerima ide, konsep, dan hal
lainnya. Strategi promosi memainkan peranan penting dalam pemasaran yaitu
menghasilkan maanfaat yang saling menguntungakan antara produsen dan konsumen
penggemar jagung manis.
2.7 Rantai Tataniaga
Secara umum rantai tata niaga jagung manis
yang ada adalah sebagai berikut:
(a) Petani
®
tengkulak ® Pedagang
besar ®
Konsumen
(b)
Petani
® Pedagang Pengumpul ®
Pedagang Grosir ® Pedagang Pengecer ®
Konsumen
(c) Petani ®
Pedagang Pengumpul ® Pedagang Grosir ®
Pedagang Grosir Pembantu
® Konsumen
(d) Petani Produsen ®
Pedagang Pengumpul ® Pedagang Grosir ®
Pedagang Grosir
Pembantu
® Pedagang Pengecer ®
Konsumen
(e) Petani
®
Pengecer
[Khusus
untuk pemasaran sistem Pengecer Indonesia
( kontrak
) ]
Panjang pendeknya rantai pemasaran, sangat berpengaruh terhadap
harga di tingkat konsumen. Karena tiap lembaga pemasaran akan mengambil keuntungan
dari barang yang dijualnya, sehingga semakin panjang rantai pemasarannya maka
harga barang jual juga akan melambung. Untuk itu harus ada kebijakan untuk menjaga
harga ditingkat konsumen untuk
tetap stabil.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
mengenai strategi pemasaran jagung manis dapat disimpulkan bahwa
untuk mengembangkan bisnis jagung manis, diperlukannya strategi manajemen
pemasaran yang tepat, dengan membuat produk jagung manis yang mempunyai inovasi
pengembangan produk yang mempunyai cita rasa dengan berbagai macam keunggulan
sehingga akan meningkatan keuntungan dan nilai tambah bagi mitra usaha
DAFTAR
PUSTAKA
Soekartawi.2001.
Strategi Pemasaran Agribisnis Teori dan Aplikasinya .Jakarta
: PT. Raja Grafindo Persada.
Rahardi. R. et all. 2000. Agribisnis Strategi Penetapan Harga. Jakarta
: PT. Penebar Swadaya.
Dillon, 2007, Manajemen
Distribusi Produk-Produk Agroindustri,
Comments
Post a Comment